Road to Bandung Photography Triennale 2021 Digelar di Tiga Galeri Seni

16 September 2021

Sarah Hutapea

Pergelaran internasional, Road to Bandung Photography Triennale, hadir dalam tema Welcome To The Machine. Berbagai pameran dengan tiga sub tema akan diadakan di tiga galeri seni; Selasar Sunaryo Art Space, Orbital Dago Gallery, dan Galeri Ruang Dini.

Dalam tema Welcome To The Machine tersebut, para seniman diajak untuk lebih banyak bereksperimen tanpa batasan teknis. Dengan kata lain, para seniman justru memanfaatkan representasi konvensional dalam menghasilkan karya fotografi. Esensi dari pameran ini adalah lahirnya berbagai pendekatan kreatif yang mengadopsi teknik instrumental atau eksperimen selama proses berkarya.

Tantangan fotografi pun bukan lagi untuk mendapatkan di dunia seni rupa. Mencapai idiolek dari eksperimen teknis dan material serta kepekaan estetis melalui berbgai pendekatan, mulai dari gaya tradisionnal sampai berteknologi maju jadi arah utama.

Experimentation and Abstraction

Galeri pertama yang menggelar pameran adalah Selasar Sunaryo Art Space dalam sub tema Experimentation and Abstraction. Pada tanggal 10 September sampai dengan 10 Oktober 2021, karya-karya foto yang dipamerkan mayoritas dari seniman mancanegara; Anh-Thuy Nguyen dan Sophie Chalk dari Amerika Serikat, Lavender Chang dan Yixiu Guo asal Singapura. Kemudian Naraphat Sakarthornsap (Thailand), Sabrina Asche (Jerman), Shiho Yoshida (Jepang), dan Iswanto Soerjanto serta Michael Binuko dari Indonesia.

Genics Defragmented

Sementara itu, dalam sub tema Genics Defragmented, Orbital Dago menggelar pameran dari enam seniman dari tanggal 12 September hingga 12 Oktober 2021. Sub tema ini mencoba mengungkapkan bahwa defragmentasi genetik media fotografi dengan media lain sangat signifikan dalam melahirkan karya-karya.

Dikurasi oleh Henrycus Napitsunargo, Genics Defragmented menyuguhkan karya-karya Asmudjo Jono Irianto, Angga Aditya Atmadilaga, Oco Santoso, Patriot Mukmin, Dikdik Sayahdikumullah, dan Willy Himawan.

Prioritas utama dalam menyampaikan pesan pada proses kreatif sebenarnya adalah membongkar setiap medium dan membuka ruang untuk eksperimentasi dan eksplorasi tanpa batas, sebagaimana yang tercermin dalam pameran Genis Defragmented ini.

Vision Overdrive

Galeri terakhir yang akan menghelat rangkaian pameran Road to Bandung Photography Triennale adalah Galeri Ruang Dini. Digelar pada tanggal 15 samapi 30 September 2021, kita dapat menyaksikan karya-karya Utami Dewi Godjali, Hari ‘Pochang’ Krisnadi, Krisna T. Satmoko, dan Sjuaibun Iljas dalam sub tema Vision Overdrive.

Vision Overdrive bisa diartikan sebagai penglihatan yang berlebihan, di luar mata telanjang, terlihat begitu dominan pada semua karya dalam pameran ini.

Proses representasi makna yang dilakukan para seniman kali ini menekankan bahwa alat dan proses fotografi dalam dielaborasi atau bahakna diurai untuk kemudian direkonstruksi menjadi karya visual yang bersifat abstrak dan naratif.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya