Nonton Film Jerman Gratis di Kinofest

18 February 2022

Stella Mailoa

Goethe-Institut baru saja meluncurkan festival film baru, Kinofest. Festival ini menghadirkan sebanyak 12 film Jerman yang sebagian besar rilis antara tahun 2020-2021. Dan yang lebih menarik, film-film ini bisa kamu tonton gratis secara online.

Kinofest diinisiasi oleh delapan Goethe-Institut di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tujuannya, nggak lain dan nggak bukan adalah untuk mempromosikan film-film Jerman. Seluruh film yang ditayangkan terbagi ke beberapa genre mulai dari petualangan, drama, thriller, sampai romansa. Tidak ketinggalan, terdapat juga tiga film dokumenter, yaitu:

The Cleaners oleh Hans Block dan Moritz Riesewieck

Dear Future Children oleh Franz Böhm

Herr Bachmann und seine Klasse oleh Maria Speth, yang berhasil meraih Jury Award pada Berlinale ke-71 tahun 2021.

Untuk menonton, kamu dapat mendaftarkan diri dengan mengunjungi tautan ini. Setelah terdaftar, kamu dapat memilih film yang ingin ditonton di situs tersebut. Ingat, kamu hanya punya waktu 48 jam untuk menonton film pilihan kamu. Biar rasanya kayak di bioskop kan, kalau telat ya ketinggalan.

Film Adaptasi Novel

Pilihan film pada Kinofest tahun ini berpusat sekitar kota sebagai subjeknya. Selain itu, Kinofest juga fokus pada novel yang disajikan dalam bentuk film, seperti Fabian: Going to the Dogs oleh Dominik Graf. Film berlatar Berlin di tahun 1930-an ini dibuat berdasarkan novel berjudul sama karya Erich Kästner.

Ada juga film Berlin Alexanderplatz oleh Burhan Qurbani, versi film dari novel klasik Alfred Döblin. Film ini bercerita tentang seorang pengungsi yang tiba di Berlin dengan membawa harapan besar.

Film-film lainnya yang juga wajib kamu tonton adalah Die Vermessung der Welt oleh Detlev Buck. Film ini menceritakan kehidupan ahli matematika Carl Friedrich Gauß dan naturalis Alexander von Humboldt. Ceritanya diadaptasi dari novel sastra karya Daniel Kehlmann.

Tidak ketinggalan adaptasi film dari novel Schachnovelle karya Stefan Zweig yang disutradarai oleh Phillip Stölzl. Di film ini, kamu bisa melihat kembali aksi aktor Albrecht Schuch (yang juga memerankan film Berlin Alexanderplatz dan Fabian: Going to the Dogs).

Setelah menonton beberapa trailer film di atas, kira-kira kamu bakal nonton yang mana?

Biar nggak ketinggalan, berikut jadwal pemutaran film Kinofest.

  • 18 Februari-10 Maret 2022:
    Undine (2020)
    The Cleaners (2017)
    Curveball (2020)
    Schachnovelle (2021)
    Freies Land (2020)
    Die Vermessung der Welt (2012)
  • 11-31 Maret 2022:
    Enfant Terrible (2020)
    Berlin Alexanderplatz (2020)
    Whisky und Wodka (2009)
    Fabian: Going to the Dogs (2021)
    Dear Future Children (2021)
    Herr Bachmann und seine Klasse (2021)

Ingat, walaupun nontonnya di platform daring, film-film ini hanya tersedia dalam waktu terbatas. Jadi, jangan lupa tandain GCal atau aplikasi kalendar apapun di smartphone kamu.

film jerman

Buat kamu yang suka nonton film, jangan lewatkan juga rekomendasi film Written buat kamu yang ngaku artsy.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya