rekomendasi film

10 Rekomendasi Film Buat Kamu Yang Ngaku Artsy

31 July 2020

Stella Mailoa

Jika sebelumnya Written pernah ngasih rekomendasi film seputar isu ras, kali ini giliran film-film tentang seni.

Film-film seputar seni seringkali di-judge sebagai film-film yang ngebosenin. Tapi sebenarnya membosankan atau enggak, itu semua masalah selera, iya kan? Jadi, untuk rekomendasi film Written kali ini, kami akan memberikan beberapa film dengan genre yang berbeda-beda.

Semoga, kamu yang sedang membaca artikel ini bisa menemukan film yang dirasa pas, bahkan menemukan favorit baru. Lagipula, tidak ada salahnya jika kita mencoba sesuatu yang baru bukan? So here it goes:

Velvet Buzzsaw

Film ini bercerita tentang eksploitasi yang terjadi di dunia seni kontemporer antara seniman, galeri, dan kritikus seni.

Woman in Gold

Tentunya kita sudah familier dengan salah satu lukisan terkenal The Woman in Gold karya Gustav Klimt? Siapa sebenarnya pemiliknya yang sah? Nonton sambil belajar sejarah, we’re in!

The Monuments Men

Pada tahun 1944, tim khusus yang terdiri dari direktur museum, kurator, sejarawan, dan lainnya asal Amerika dan Inggris, berusaha menyelamatkan karya seni penting dari Nazi. 

Factory Girl

Perkenalkan, Edie Sedgwick. Hah, siapa tuh? Sosialita, model, dan aktris asal Amerika ini adalah muse Andy Warhol dalam berkarya.

The Goldfinch

Judul film ini juga merupakan judul karya seniman Carel Fabritius, yang tidak sengaja diambil oleh seorang anak saat Museum MET New York dibom.

Frida

Salma Hayek berperan sebagai seniman Frida Kahlo di film ini. Bercerita seputar kehidupan Frida yang politikal, artistik, dan revolusioner.

Pollock

Kisah hidup dan cinta Jackson Pollock, seniman legendaris asal Amerika yang merupakan sosok penting dalam gerakan abstract expressionism.

Midnight in Paris

Penulis ini secara misterius bertemu seniman dan penulis masa lalu seperti Scott Fitzgerald, Hemingway, Picasso, dan Salvador Dali setiap malam di Paris.

The Thomas Crown Affair

Seorang miliuner merasa mencuri lukisan Monet senilai 1,5 triliun rupiah lebih seru daripada membelinya. Seperti ada pepatah: “Orang kaya mah bebas!”

Loving Vincent

Ada banyak film yang dibuat seputar kehidupan Van Gogh yang tragis. Tapi film ini adalah film pertama tentangnya, sekaligus film pertama di dunia yang dibuat menggunakan lukisan cat minyak oleh 125 seniman.

*Bonus

Apalah arti daftar rekomendasi film tanpa film drama romantis di dalamnya? Seni memang bukan menjadi tema utama dua film berikut, tapi keduanya menyelipkan seni dengan manis sehingga tetap menyenangkan untuk ditonton. Bonus yang lain, aktor dan aktris pemerannya not so bad-looking!

When in Rome

Kamu sering penasaran seperti apa interior di dalam mahakarya Frank Lloyd Wright, Guggenheim New York? Kamu dapat sedikit menyimaknya di film ini. 

The Vow 

Siap-siap untuk menikmati sajian arsitektur Chicago yang menawan. Karya seni ikonis Anish Kapoor, Cloud Gate, atau yang disebut orang lokal sebagai The Bean, juga muncul di film ini. 

Selamat menonton!

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya