film tentang ras

Rekomendasi Film yang Mengangkat Isu Ras di Amerika

20 June 2020

Verra Aulia

Film bisa menjadi salah satu cara yang paling mudah dan cepat buat kita untuk memahami suatu isu. Tidak sedikit beredar rekomendasi film yang mengangkat isu ras karena pentingnya dalam keseharian kita.

Kita pasti sudah mendengar kisah George Floyd, lelaki keturunan African-American yang meregang nyawa di bawah himpitan lutut polisi akhir Mei lalu di Minneapolis. Alasannya? Karena ia diduga menggunakan uang palsu sebesar 20 dolar di sebuah minimarket.

Berita tentang kematiannya yang tragis dan tidak adil menyebar dengan cepat melalui video di media sosial. Responnya luar biasa, berujung protes keras di berbagai kota di Amerika hingga hari artikel ini dirilis. 

Kesedihan serta amarah atas ketidakadilan yang diterima George membuka banyak luka yang dirasakan people of color di seluruh penjuru dunia. Di tambah terbukanya kasus penembakan Breonna Taylor oleh polisi yang diduga menyergap dan melakukan penembakan tanpa memberi peringatan, padahal di dalam rumah Breonna tak ditemukan obat terlarang yang menjadi alasan penyergapan.

Kemudian ada juga kasus penembakan Rayshard Brooks yang menumpang tidur di lahan parkir restoran cepat saji di dalam mobilnya sendiri.

Tidak hanya di Amerika, kasus diskriminasi hak asasi juga terjadi di Indonesia, di mana rakyat dari daerah Timur masih sering menerima perlakuan rasis yang tak pantas terjadi. Sayangnya, meski #blacklivesmatter sudah lantang terdengar, masih ada juga orang yang tidak memahami apa pentingnya kesetaraan.

Padahal kita bisa mempelajarinya dari berbagai sumber yang tersedia mulai dari buku hingga website. Isu ini juga sering dibahas dalam dunia pop culture, salah satunya melalui film seputar isu ras. “Storytelling is an exercise of empathy”.

Selagi terus mengikuti perkembangan kasus ini, kamu yang ingin mengerti lebih jauh mengenai tantangan hidup yang dihadapi people of color di Amerika bisa menonton beberapa rekomendasi film pilihan Written di Netflix atau streaming provider lainnya.

1. Green Book (2018)

Kisah persahabatan pria berkulit putih yang bekerja sebagai sopir pribadi pianis berkulit hitam yang ingin melakukan tur konser. Berbekal The Negro Motorist Green Book, mereka harus mencari tempat dan rute aman di wilayah Deep South.


2. 12 Years a Slave (2013)

Film yang masuk sebagai nominasi di berbagai ajang bergengsi ini menceritakan tentang kehidupan Solomon, keturunan African-American kelahiran New York yang diculik kemudian dijual sebagai budak.


3. Hidden Figures (2016)

Bercerita tentang tiga perempuan African-American super pintar yang bekerja di pusat penelitian di belakang NASA. Tapi pekerjaan mereka yang tidak mudah makin dipersulit isu rasial di kalangan pekerja.


4. When They See Us (2019)

Ini dia seri berdasarkan kejadian nyata yang membahas tentang ketidakadilan yang diterima 5 remaja African-American dan Latin (Central Park 5). Mereka terpaksa mengakui kejahatan yang tidak dilakukan dan menghabiskan waktu 13 tahun di penjara.


5. Just Mercy (2019)

Mengisahkan cerita nyata Walter McMillian yang menghadapi tuntutan kasus pembunuhan wanita berkulit putih yang tidak ia lakukan. Selama menjalani masa sidang, ia menerima berbagai ancaman eksekusi mati.


6. 13th (2016)

Neither slavery nor involuntary servitude, except as a punishment for crime whereof the party shall have been duly convicted, shall exist within the United States, or any place subject to their jurisdiction. Sebuah kalimat dalam amandemen ke-13 konstitusi Amerika Serikat yang mengubah perbudakan dari model bisnis legal menjadi metode hukuman legal untuk para kriminal.


7. Moonlight (2016)

Film pemenang penghargaan Oscar ini menceritakan tentang kehidupan Chiron dari anak-anak hingga dewasa dalam tiga babak. Ia melalui berbagai kesulitan semasa kecil yang membuat ingatannya dipenuhi berbagai kenangan pahit. Selain itu Chiron juga dihadapkan pada pilihan untuk mengenal identitas seksualnya.


8. Dear White People (2017)

Menyorot kehidupan sekelompok pelajar African-American yang bersekolah di tempat yang didominasi orang berkulit putih. Seri ini membahas bagaimana para remaja poc dilihat dari kacamata komunitas berkulit putih dengan pendekatan komedi.


9. Fruitvale Station (2013)

Film yang diangkat dari kisah nyata Oscar Grant III, pria berusia 22 tahun yang tak sengaja tertembak polisi saat memborgolnya hingga meninggal dunia. Didasari perkelahian dalam kereta di malam pergantian tahun, saat Oscar sedang menikmati waktu bersama istrinya.


10. Selma (2015)

Menceritakan tentang gerakan yang dipimpin Dr. Martin Luther King Jr. untuk memperjuangkan hak memilih dalam pemilu milik warga berketurunan African-American yang sering mendapat perlakuan tidak adil.


Nah, itu dia film-film yang bisa semakin membuka wawasan kamu akan isu ras. Selamat menonton!

Kalau masih ingin belajar hal-hal lain lewat film, simak juga rekomendasi film seputar seni yang wajib kamu tonton.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya