kurasi set desain

Kurasi Serial Televisi dengan Set Desain Terbaik

17 June 2021

Bindis Naira

Apa tolok ukur sebuah set desain atau Tata Panggung Program Televisi?

Pasti yang membekas di hati para penonton setianya. Contoh terbaik adalah serial televisi Friends. Setelah hampir dua dekade tidak berada di lingkup kerja yang sama, keenam pemain utamanya disatukan lewat satu acara tanya jawab.

Tebak di mana mereka kembali dipertemukan? Di tempat yang percis ditata kembali hampir identik dengan 17 tahun yang lalu! Sampai sini sudah paham kan seberapa pentingnya peran tata panggung dalam serial televisi?

Banyak sebutannya, set desain juga sering disebut dengan latar, television scenery, atau background. Ada kalimat menarik untuk dikutip dari sebuah studi seorang psikolog bernama Geoffrey Millerson.

Dilansir dalam bahasa Indonesia, ia menulis:

“Sebagaimana pun materi yang digunakan, hasil akhir terlihat oleh penonton sebagai hal yang nyata.”

Geoffrey Millerson

Bahkan menurut buku Television Production yang ditulis oleh Alan Wurtzel, Stephen R. Acker juga menulis:

“Set dan panggung digunakan untuk menciptakan lingkungan fisik tempat tontonan berlangsung. Di sebagian besar acara televisi, kesan pertama penonton terhadap program ini datang dari lokasi syuting.”

Alan Wurtzel & Stephen R. Acker

Mari reka ulang, set desain serial televisi apa yang melekat di memori Anda? Setidaknya pasti ada satu atau dua. Nah, dari sana sudah terlihat bahwa elemen desain yang satu ini mampu menjalin koneksi emosional dengan para penonton setianya. Sehingga membuat kesan yang berkepanjangan.

Dari Friends yang identik dengan situasi kehidupan di Amerika sehari-hari hingga bangunan megah penuh cerita The Crown, ini adalah acara televisi dengan set desain terbaik pilihan Written.

1. Friends

Sofa oranye yang menjadi ikon kedai kopi Central Perk

Seorang fans atau bukan, pasti Anda sudah familer dengan sofa oranye yang jadi pusat perhatian ini. Sering kali masuk dalam daftar set desain ikonis, kedai kopi Central Perk adalah bagian ikonis dari serial televisi ini.

2. The Marvelous Mrs. Maisel

Perpaduan palet pastel dan motif floral di apartemen Miriam

Siapa yang tidak menyukai desain produksi dari The Marvelous Mrs. Maisel? Golden Globes dan The Critics’ Choice Awards saja mengaguminya di tahun 2018. Jadikan era 1950-an sebagai titik mula Anda mencari inspirasi.

Lalu kerucutkan palet warna Anda di bawah payung pastel. Selimuti diri Anda dengan kelembutan warna kemudian tambahkan motif bunga sebagai pemanis.

3. Four Weddings and A Funeral

Dilansir dari laman Instagram Written.Id yang meminta Anda move on dari apartemen Monica (Friends) dan melirik Ainsley Howard dalam serial Four Weddings and A Funeral.

Ada faktor perpaduan yang membuat desain rumah ini (mungkin) mampu menggantikan rumah Monica Geller, yaitu perpaduan antara warna, furniture antik dan modern, hingga motif garis dan floral.

4. You Who Came From the Stars / My Love From Another Star

Indoor garden di dalam apartemen bertingkat milik Do Min Joon

Seluruh set dalam serial K-Drama ini begitu menawan. Namun satu yang bikin tercengang adalah apartemen sang pemeran utama, Do Min Joon. Dengan cepat apartemen bergaya minimalis dua tingkat ini akan mengambil ruang di hati Anda. Kolom baja abu-abu, pemilihan furnitur yang sederhana nan mewah, dan tentu saja skylight di indoor garden-nya!

5. Mad Men

Kantor Don di Sterling Cooper Draper Pryce

Akankah kita (atau Amerika) kembali ke era di mana tiga gelas martini dan merokok tanpa henti adalah bagian dari kerja? Setidaknya itu yang Anda dapatkan jika hidup di New York pada tahun ’60-an dan bekerja di kantor periklanan yang sedang berada di zaman keemasannya.

6. The Good Place

Suasana ruang tamu Eleanor Shellstrop di The Good Place

Apakah ini wujud keabadian dalam pikiran Anda? Jika tidak, bukan berarti itu salah, ya! Visi keabadian adalah sesuatu yang sangat subjektif.

Setidaknya itu lah yang Dan Bishop coba perlihatkan di serial televisi ini. Beberapa portofolio Dan menjadi inspirasinya, seperti Mad Men dan Parks Recreation. Bagaimana dengan Anda, bagaimana konsep keabadian dalam pikiran Anda.

7. The Crown

Katedral Ely disulap menjadi Westminster Abbey untuk mengambil momen di mana Queen Elizabeth II menikah

Siapa dari pembaca Written yang tergolong dalam kategori royalist? Anda pasti sangat suka dengan serial televisi The Crown yang sering kali menjadi topik obrolan di mana-mana. Tak hanya dari dialog, para sosok di belakang bagian produksi berhasil menceritakan kisah kerajaan dalam setiap pergerakan, termasuk set desain.

8. The Handmaid’s Tale

Menyimpan sejumlah pesan politik tersirat, serial televisi yang sedari pertama identik dengan baju merahnya ini mempunyai kualitas tingkat film layar lebar.

Dikutip dari Delightfull, set desain produksi serial televisi ini hanya menggunakan bahan asli seperti kayu asli, furnitur, hingga lukisan. Apa jangan-jangan wardrobe juga punya peran penting dalam membangun koneksi emosional antara penonton dengan sebuah serial televisi?

Itu tadi delapan serial televisi kurasi Written yang production set-nya pasti meninggalkan impresi mendalam pada penontonnya. Adakah favorit Anda di sini?

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya