10 Museum Ramah Anak di Dunia

9 October 2020

Bindis Naira

Sudah pernah kah kamu membawa adik kecil atau buah hati berkunjung ke museum ramah anak? Hilangkan pikiran kuno tentang museum itu membosankan. Kamu salah besar!

Museum adalah tempat di mana momen-momen penting diabadikan, seperti Museum Sejarah Nasional. Tapi sepertinya kalau membawa anak kecil di bawah lima tahun akan kurang menarik, ya? 

Jangan khawatir, Written punya 10 rekomendasi untuk kamu kunjungi ketika berada di kotanya. Tidak perlu pusing, sepuluh museum ini sudah pasti mengizinkan kamu yang membawa anak kecil. 

Written paham kalau kita masih di tengah pandemi, tapi untuk rencana kedepannya, boleh dong kamu cari tahu terlebih dahulu. Walau belum semua museum ini beroperasi sepenuhnya, ke-10 tempat belajar pilihan Written ini punya banyak aktivitas virtual yang juga bisa dinikmati oleh anak-anak.

1. Museum MACAN, Indonesia

https://www.instagram.com/p/CB-ki86B4-l/

Enggak kalah dengan ekshibisi utamanya, Ruang Seni Anak di Museum MACAN juta terus memberikan program yang edukatif.

2. Museum Nasional Indonesia, Indonesia
Terdengar asing? Enggak, kok! Museum ini adalah Museum Gajah. Di sini terdapat lebih dari 140.000 benda bersejarah. Sebelum Museum MACAN, Museum Gajah adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Jangan melulu ajak anak kamu berkunjung ke museum kontemporer, pendidikan budaya sendiri juga harus paham, dong! Apa lagi sekarang banyak yang hanya mengandalkan gadget sebagai sumber hiburan.

3. ArtScience Museum, Singapura

https://www.instagram.com/p/CAfbU7Ism4f/

Selain menjadi taman bermain digital terbesar di Singapura, museum ArtScience juga menjadi sarana yang tepat untuk belajar seni, sains, teknologi, dan budaya.

4. Petrosains Discovery Centre, Malaysia

https://www.instagram.com/tv/B1JCFJJDuWq/

Jangan khawatir, kamu bisa menitipkan anak-anakmu dengan pemandu yang sudah dipasangkan, dan kembali setelah 2 atau 3 jam setelah lelah jalan-jalan di pusat berbelanja, KLCC. It’s a win win for everyone!

5. Museum of Contemporary Art, Thailand

https://www.instagram.com/p/CF17DPLpyLv/

Museum of Contemporary Art (MOCA) dibangun sebagai bentuk penghargaan untuk Profesor Silpa Bhirasri, yang disebut sebagai bapak seni kontemporer di Thailand. Dijamin kamu dan si buah hati akan puas belajar juga bermain di museum yang memiliki sekitar 800 karya seni ini.

6. National Museum of Emerging Science and Innovation, Jepang

https://www.instagram.com/p/BrkCc1ODtaK/

Dikenal dengan nama Miraikan, museum sains yang berfokus pada future science development and issues ini sangat identik dengan bola besar yang biasanya memproyeksikan planet Bumi dari luar angkasa. Tidak hanya seputar sains pada ekshibit pameran, atau pertunjukan robotik, santapan makan dan minuman di Miraikan juga dihidangkan sesuai tema museum. A for effort!

7. Seoul Children’s Museum, Korea Selatan

https://www.instagram.com/p/BcZILQ1F-Mt/

Bayangkan taman bermain terbuat dari kayu, perjalanan ke luar angkasa, kamar seniman ternama, kelas masak bersama keluarga, hingga aktivitas di luar ruangan seperti gardening bersama anak-anak lainnya.

8. Museum of Sydney, Australia

https://www.instagram.com/p/CFQZMkZBiw4/

Menggabungkan elemen warna dan bentuk dengan teknologi, Museum of Sydney tidak pernah kehabisan ide untuk mengajarkan sejarah dalam format menarik!

9. The Metropolitan Museum of Art, New York City

https://www.instagram.com/p/B_V7t51Fata/

Biarpun Met Gala jadi acara tahunan andalannya, The Met adalah salah satu museum yang punya banyak aktivitas untuk anak-anak, termasuk secara virtual.

10. Tate Modern, Inggris

https://www.instagram.com/p/CCqSNNCFNOm/

Berbagai macam program khusus anak dan fasilitas kids-friendly yang disediakan Tate Modern membuat para orang tua dan guru jatuh cinta dengan museum ini.

Nah, kalau kamu punya museum ramah anak yang tidak ada di artikel ini, jangan lupa beri tahu Written di link ini ya!

Image credit: Museum MACAN

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya

No data was found