Tujuh Desain Masjid Menakjubkan di Dunia

6 August 2020

Bindis Naira

Sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, masjid juga telah menjadi pusat peradaban di sepanjang sejarah Islam. Ada banyak elemen yang membentuk karakter desain di Islam, termasuk desain masjid. Mulai dari sejarah dan ornamen, sampai lokasinya. Contohnya masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal. Desainnya sarat simbol Islam dan Indonesia

Written mengumpulkan tujuh masjid dari seluruh dunia yang patut berada dalam daftar must-visit kamu. Baik itu berkunjung untuk beribadah, atau datang untuk mengagumi keindahan dan mempelajari arsitekturnya. 

Kalau bisa memilih, kamu ingin mengunjungi yang mana duluan dari ketujuh masjid ini:

1. Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Masjid Nabawi
Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Salah satu masjid yang paling penting dalam Islam ini awalnya dibangun tanpa atap oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ke-2 terbesar di dunia ini kini berukuran 100 kali lebih besar dari bangunan aslinya ketika pertama kali dibangun.

2. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki

Masjid Sultan Ahmed
Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki

Berada di kota yang sama dengan Hagia Sophia kadang membuat kita tidak sadar dengan masjid yang satu ini. Lebih sering disebut dengan nama Blue Mosque oleh turis, masjid ini dikelilingi oleh enam menara yang tidak mungkin terlewatkan dari kejauhan sekalipun.

3. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Masjid Agung Sheikh Zayed
Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Melalui 22 menara cahaya yang tertata rapi, masjid Agung Sheikh Zayed berhasil menonjolkan panel marmer, kaca mosaik, serta ukiran kaligrafi yang tersembunyi di bawah kubahnya. Tahukah kamu kalau bagian utama masjid ini adalah kubah terbesar di dunia dengan tinggi 83 meter

4. Masjid Sancaklar, Turki

Masjid Sancaklar
Masjid Sancaklar, Turki

Berlokasi di bawah tanah, desain Masjid Sancaklar yang menyerupai goa ini memang sengaja dibuat tidak seperti arsitektur masjid pada umumnya. Sebagai gantinya, masjid ini mengekspresikan kesucian melalui kontras, bayangan, dan material.

5. Masjid Agung Köln, Köln, Jerman

Masjid Agung Köln
Masjid Agung Köln, Köln, Jerman

Disebut sebagai simbol lahirnya arsitektur masjid Jerman, rumah ibadah dengan gaya modern rancangan arsitek Paul Böhm ini juga adalah masjid terbesar di Jerman.

6. Masjid Qolşärif, Kazan, Russia

Masjid Qolşärif
Masjid Qolşärif, Kazan, Russia

Warna putih dan biru khas Masjid Qolşärif pastinya akan berhasil menangkap perhatianmu. Berlokasi di sebelah katedral, masjid megah yang memadukan gaya arsitektur Renaisans dan Ottoman ini adalah simbol kemenangan bangsa Tatar.

7. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal
Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Meski bergaya futuristis, masjid yang terletak di kaki bukit Margalla ini awalnya terinspirasi dari bentuk tenda Suku Badawi. Masjid Faisal juga merupakan pemberian dari Raja Faisal dari Arab Saudi untuk Pakistan.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya