Kemang 12730 15th Park

Semakin Seru, Inilah Rangkaian Acara Kemang 12730

20 October 2022

Pipit Erlita

Kemang 12730 menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi di 19 Oktober-27 November ini. Terlebih, untuk kamu yang menyukai segala hal yang berbau seni dan desain.

Kemang 12730 merupakan acara kawasan pertama yang diinisiasi oleh ICAD (Indonesian Contemporary Art and Design), tepatnya pada tahun 2021 lalu. Untuk kamu yang mungkin sudah pernah berkunjung ke sini tahun lalu pasti sudah tidak asing lagi. Tapi buat kamu yang baru pertama kali dengar tentang acara ini, yuk kenalan lebih dekat.

Awal Mula Berdirinya Kemang 12730

kemang 12730

Kemang 12730 digagas pertama kali pada tahun 2021 oleh Diana Nazir dan Roland Adam. Sebagai warga yang menetap dan bekerja di Kemang, mereka merasa resah akibat imbas COVID-19. Pandemi berdampak pada Kemang yang biasanya ramai, menjadi lengang dan sepi pengunjung. 

Berbeda dengan pameran ICAD yang digelar di Hotel Grandkemang setiap tahunnya. Pameran ini dikunjungi oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung setiap tahunnya. Melihat antusiasme ini, muncullah ide bagaimana pengunjung tidak hanya menikmati ICAD, tapi juga meluas ke area Kemang.

Selama Kemang 12730, bisnis berupa kafe, restoran, studio desain, galeri, toko, dan lainnya yang berlokasi di Kemang, diajak untuk membuat program dan kegiatan di lokasinya masing-masing. Tujuannya, agar pengunjung dapat menikmati dan mengalami Kemang dengan cara unik yang hanya ada selama waktu tertentu.

Seperti saat Milan Design Week, Cannes Film Festival, London Design Festival. Meski acaranya hanya terpusat di satu tempat, seluruh kota pun merayakan bersama. Restoran, galeri, dan lokasi lainnya turut memasang stiker dan poster pengumuman, serta memiliki program atau kegiatan khusus.

Pemilihan Nama dan Bentuk Logo Kemang 12730

Pemilihan angka 12730 bukanlah tanpa alasan. Angka ini merupakan salah satu kode pos di Kecamatan Mampang Prapatan, yaitu Kelurahan Bangka, lokasi Kemang berada. Selain itu, bentuk logo Kemang 12370 juga merupakan bentuk yang diambil dari peta area Kemang. Logo ini pun merupakan hasil dari salah satu sutio desain yang berlokasi di Kemang, Studiowoork.

Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan Di Kemang 12730

Kemang 12730 menjadi angin segar di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa melakukan berbagai macam hal yang mampu melepas penat dari rutinitas harian yang kamu lakukan. 

Ada kurang lebih lima aktivitas yang bisa kamu lakukan selama kunjungan di sini, di antaranya:

1. Berbelanja

Ada beragam produk yang dijual oleh kolaborator Kemang 12370 mulai dari fashion, kerajinan, hingga furniture. Mereka pun menawarkan diskon atau bundling produk selama acara berlangsung.

2. Menikmati Makanan dan Minuman

Kemang 12730

Kemang selalu identik juga dengan kuliner. Di sini kamu bisa menikmati menu makanan dan minuman yang bervariasi. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan potongan, harga khusus, atau bahkan menu khusus yang hanya ada selama acara di kolaborator tertentu.

3. Mengunjungi Berbagai Pameran di Kemang 12730

Kalau sudah berbicara tentang desain dan seni, rasanya kurang afdal kalau tidak berkunjung ke pameran. Kemang 12730 berkolaborasi dengan berbagai studio dan galeri seniman siap memanjakan mata para penikmat seni.

Baca juga: Mengenal Patung Speed Karya Nyoman Nuarta

4. Belajar Hal Baru

Di Kemang 12730 kamu tidak hanya jalan-jalan dan belanja, tapi kamu juga bisa belajar hal baru melalui workshop yang diadakan. Mulai dari cooking class untuk anak-anak, sampai workshop membuat aromatherapy.

5. Menonton Film dan Pertunjukan

Ini dia yang sering dicari oleh anak muda, nonton film. Berkolaborasi dengan Kalyana Shira Cine Space milik Nia Dinata, terdapat enam film yang dapat dinikmati. Selain itu, para penonton juga dapat langsung berbincang dengan sutradara masing-masing film.

Pertunjukan seni lainnya hadir di ICAD dan Dialogue dalam berbagai format mulai dari mini konser seriosa sampai pertunjukan oleh seniman.

Rangkaian Acara Di Kemang 12730 tahun 2022

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini panitia Kemang 12730 juga menyiapkan acara sendiri untuk memeriahkan kawasan. Sejumlah acara yang dapat dihadiri adalah

1. Pasar Berisik (29-30 Oktober 2022 di 15th Park)

Menjadi salah satu rangkaian acara yang wajib kamu kunjungi saat ingin jalan-jalan, berbelanja, dan wisata kuliner di akhir pekan. Iya, karena Pasar Berisik akan diadakan tepat di tanggal 29 hingga 30 Oktober 2022 di 15th Park. Bazar yang diadakan selama dua hari ini akan melibatkan banyak UMKM di bidang fashion, aksesori interior, makanan dan minuman, hingga kerajinan. Ayo, ramaikan acaranya ya.

2. Parade Kemang (30 Oktober di Kemang Raya)

Rasanya kurang lengkap jika acara seni tidak ada pawai keseniannya. Maka dari itu, di Kemang 12730 akan diadakan pula Parade pada tanggal 30 Oktober di Kemang Raya yang merupakan persembahan warga Kemang dan sekitarnya. Acara ini akan dimeriahkan oleh ikon budaya Betawi, ondel-ondel, sepeda onthel, bajaj, dan iringan musik dan tarian khas Betawi.

3. Fesyen Akhir Pekan dan PreLoved Market (19-20 November 2022 di 15th Park)

Siapa nih yang tidak sabar dan menunggu momen melihat serba-serbi dunia fesyen? tenang, di Kemang 12730 kamu bisa menyaksikan pertunjukan fashion dari brand-brand lokal yang pastinya berkualitas dan tidak kalah dengan produk luar.

Selain itu, kamu yang punya hobi berburu baran-barang unik dan antik juga bisa mengunjungi PreLoved Market. Pertunjukan fashion sendiri akan diadakan di tanggal 19 November sedangkan PreLoved Market di tanggal 19-20 November 2022 di 15th Park. Jangan sampai terlewat ya.

4. Film Screening ( 29 Oktober, 5 November, dan 19 November di Cine Space)

Kemang 12730

Siapa nih yang punya hobi nonton film, mana suaranya? Kalau kamu termasuk pecinta film, yuk hadiri program Film Screening yang menyajikan acara menonton film bersama dan berkesempatan untuk bertemu langsung dengan sutradaranya, lho.

Di sini, kamu akan menonton berbagai film dalam negeri yang keren dan seru, di antaranya Berbagi Suami, Emak Dari Jambi (Dokumenter), Ini Kisah Tiga Dara, Madame-X, Quickie Express, dan serial Suka Duka Berduka. Film Screening bisa kamu saksikan pada tanggal 29 Oktober, 5 November, dan 19 November di Cine Space.

5. Kemang 12730 Passport

Acara Kemang 12730 akan semakin seru karena ada misi yang wajib banget kamu ikuti. Apa itu? Kemang 12730 Passport, yaitu misi berhadiah sembari mengelilingi Kemang. Ada tujuh jenis hadiah untuk 30 orang pertama yang berhasil menyelesaikan 12 misi. Kamu bisa menyelesaikannya selama perhelatan Kemang 12730, yaitu dari tanggal 19 Oktober – 27 November 2022. 

Ingin ke Kemang tapi mager karena sering macet saat weekend? Tenang, Kemang 12730 didukung TransJakarta menyiapkan shuttle berkeliling Kemang gratis! Shuttle berangkat dari Hotel Grandkemang menuju Kemang Raya, Kemang Selatan, Kemang Timur, dan Kemang Utara. Shuttle beroperasi setiap akhir pekan dari jam 10:00 – 20:00.

Tunggu apalagi? Yuk, meriahkan acaranya dan ajak teman-temanmu juga ya! Kami tunggu keseruanmu di Kemang.

Share:

Artikel Lainnya