Rekomendasi Film Era Kemerdekaan Indonesia

16 August 2022

Verra Aulia

Tema kemerdekaan memang sering dianggap topik “berat”. Bukan cuma untuk urusan pelajaran, tontonan juga sama. Butuh niat cukup besar untuk menonton film era ini, benar tidak? Meskipun sekarang gak perlu ke bioskop, ada banyak film kemerdekaan yang keren tersedia di Netflix. Tapi ujungnya yang diklik lagi-lagi tema romcom, drama Korea, atau action yang nontonnya “nggak perlu mikir”.

Padahal kalau disempatkan, film-film ini super keren dan bikin bangga. Bangga dengan sineas yang bisa bikin film bagus, dan bangga punya darah Indonesia–perasaan yang kadang suka hilang kalau melihat sisi menyebalkan negara ini. Ya, Written gak mau munafik, kita juga merasa begitu.

Mumpung mau 17 Agustus, sepertinya bisa nih kita selipkan sedikit waktu di hari libur buat mengetahui lebih banyak tentang para tokoh yang selama ini cuma bisa dilihat di buku sejarah–itu pun ceritanya sudah banyak yang lupa. Apalagi kalau di rumah ada remaja, pas banget diperlihatkan kisah para pembangun bangsa biar inspirasinya nggak cuma berasal dari influencer.

Kamu bisa mulai dari beberapa film pilihan Written berikut:

Kartini (2017)

Diperankan Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, Acha Septriasa, Ayushita, dan Christine Hakim. Film ini menjabarkan beberapa kejadian di hidup Raden Ayu Kartini, sang nona bangsawan yang hidup bergelimang privilege tapi menggunakannya untuk memperjuangkan hak wanita. Kartini yang hobi membaca dan menulis, ingin yang diharapkan dari wanita Jawa bukan hanya menikah dan punya keturunan. Karena ia menyadari wanita bisa lebih dari itu, menyamai bahkan melampaui pria. Kisahnya benar-benar menginspirasi tapi bikin sedih juga.

Soekarno (2013)

Kalau mau tahu tentang perjuangan dan kehidupan sang proklamator, film ini paling cocok kamu tonton. Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno acting-nya berapi-api, apalagi di scene berpidato. Kita jadi bisa membayangkan bagaimana karisma Soekarno asli sampai para penjajah takut akan kekuatan kata-katanya untuk menggerakkan massa. Bicara tentang Soekarno, tentunya nggak lengkap kalau tidak membahas mengenai wanita, yang juga menjadi bagian penting perjalanannya. Selesai nonton film ini Written jadi merasa sangat kagum, karena perjuangan mereka berat banget lho untuk memerdekakan Indonesia.

Bumi Manusia (2019)

Sebagai pembaca novel Bumi Manusia–karangan Pramoedya Ananta Toer yang mendasari dibuatnya film ini–dan sudah menonton versi teaternya, awalnya Written skeptis sama film karya Hanung Bramantyo ini. Tapi ternyata Bumi Manusia versi layar lebar cukup bisa menggambarkan kehidupan dengan latar masalah ras dan status sosial yang terjadi di zaman penjajahan Belanda. Jadi kalau kamu punya waktu kosong selama 3 jam, coba sempatkan nonton, ya!

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Buat Kamu Yang Ngaku Artsy

Merah Putih (2009)

Kalau ini sih film tentang perjuangan memerdekakan Indonesia paling keren, gak diragukan lagi. Semua pemain acting-nya mengagumkan, pembuatan set serius, kostum juga pas. Penonton benar-benar bisa merasakan tegangnya masa pra-kemerdekaan. Setelah menonton rasanya seperti selama ini menyepelekan perjuangan pahlawan bangsa, dan jadi mau ikut memajukan bangsa Indonesia. Saking suksesnya kala itu, Merah Putih dibuatkan dua sekuel lagi berjudul Darah Garuda (2010) dan Hati Merdeka (2011).

Kadet 1947 (2021)

Ternyata, dua tahun setelah Indonesia merdeka, Belanda sempat mau kembali menjajah. Di film ini, diceritakan perjuangan para kadet (taruna muda) yang membantu seniornya semampu mereka untuk mempertahankan kemerdekaan. Semangat anak muda yang menggebu tapi terhalang usia yang terlalu muda untuk mengemudikan pesawat perang bikin film ini terasa mendidih dan menegangkan sampai akhir. Salah satu film lokal terbaru yang wajib kamu tonton!

Lima dulu ya rekomendasinya. Semoga di hari libur tanggal 17 Agustus besok kamu bisa jadi makin cinta Indonesia karena film-film ini. Selamat menonton!

Share:

Artikel Lainnya